⁠Selain Queen of Divorce, Ini 7 Drama Korea yang Angkat Isu Perceraian

⁠Selain Queen of Divorce, Ini 7 Drama Korea yang Angkat Isu Perceraian

Queen of Divorce yang tayang akhir Januari lalu hingga saat ini masih menarik minat penikmat drakor. Bahkan, ratingnya terus meningkat hingga minggu pertama Februari. Drama Korea yang dibintangi Lee Ji Ah ini mengisahkan kehidupan beberapa individu yang sedang menghadapi permasalahan, mulai dari perceraian, konflik rumah tangga, dan perjuangan para wanita dalam menghadapi perceraian.

Lee Ji Ah sebagai pemeran utama, Kim Sa Ra, merupakan seorang pengacara perceraian yang tangguh dan penuh semangat. Sebelum menjadi pengacara, Sa Ra menghadapi krisis pribadi ketika suaminya tiba-tiba mengajukan permohonan perceraian. Perceraian yang ia alami ini, ia merasa jatuh dalam hidup dan kehilangan semuanya. Hal itulah yang membuatnya memutuskan bekerja jadi pengacara perceraian.

Drama Queen of Divorce juga memperlihatkan sisi lain dari perceraian, yaitu dampak psikologis dan emosional yang dirasakan oleh para pihak yang terlibat. Baik itu para suami maupun istri, mereka harus menghadapi kesulitan dan pergulatan batin dalam menghadapi perceraian mereka. Ngomongin drama Korea perceraian, kali ini KINCIR akan jabarin sederet drama Korea yang mengangkat isu perceraian. Yuk, langsung simak rekomendasinya di bawah ini.

Drama Korea tentang perceraian

Divorce Attorney Shin (2023)

Seperti yang udah disebut di judulnya, drama ini akan membawa kamu kepada setiap kasus perceraian yang berbeda-beda setiap episodenya. Divorce Attorney Shin bercerita tentang Shin Sung Han (Cho Seung Woo), ia merupakan seorang profesor musik di sebuah universitas di Jerman. Ia kembali ke Korea dan beralih profesi menjadi seorang pengacara spesialis perceraian, karena sebuah alasan.

Meski dianggap kompeten dan mampu memenangkan kasus yang lebih sulit, namun ia hanya ingin fokus pada kasus perceraian. Bukan tanpa alasan, hal ini ia lakukan demi mencari tahu sebuah kebenaran terkait masalah yang Shin Sung Han alami di masa lalu.

Love (ft. Marriage and Divorce) (2021)

Drama Korea ini berhasil mendapat rating tinggi selama masa penayangannya ini menampilkan sejumlah permasalahan dalam kehidupan tiga rumah tangga dari berbagai usia. Ada yang kisaran usia 30an, 40an, dan 50an. Boo Hye Ryung adalah perempuan yang berusia 30 tahun, seorang DJ dan menikah dengan Pan Sa Hyun, seorang jaksa.

Pasangan ini telah melakukan kesepakatan untuk tidak memilik anak. Namun, Sa Hyun sendiri diketahui selingkuh dan memiliki anak dengan perempuan lain. Sementara itu, Sa Pi Young berusia 40 tahun. Ia adalah seorang produser program radio yang menikah dengan Shin Yu Shin, direktur departemen neuropsikiatri. Pasangan terakhir adalah Lee Si Eun, perempuan berusia 50 tahun yang berprofesi sebagai penulis utama program radio. Ia menikah dengan Park Hae Ryun.

Saat usia pernikahannya menginjak 30 tahun, Si Eun pun digugat cerai oleh sang suami. Secara garis besar, drama Love (ft. Marriage and Divorce) seperti judulnya menampilkan permasalahan rumah tangga yang dijalani pasangan tersebut ketika megalami cinta, pernikahan serta perceraian.

The World of the Married (2020)

A World of Married Couple bercerita tentang pasangan suami istri yang kehidupan rumah tangganya mulai berantakan karena sebuah perselingkuhan yang dilakukan oleh suaminya. Ji Sun-woo (Kim Hee-ae) yang merupakan seorang dokter menikah dengan Lee Tae-oh (Park Hae Joon) dan mereka memiliki seorang anak laki-laki.

Tae-oh menjalankan sebuah bisnis hiburan dengan bantuan istrinya. Meski Tae-oh mencintai istrinya, tetapi dia jatuh ke sebuah hubungan yang berbahaya bersama dengan Yeo Da-kyung (Han So-hee).

Sun Woo dan Tae Oh pun akhirnya bercerai dan hak asuh anak mereka, Joon Young, jatuh ke tangan Sun Woo. Setelah bercerai, Lee Tae Oh bahkan menikah dengan selingkuhannya, dan dikaruniai seorang anak perempuan. Kehidupan Tae Oh bahkan tampak baik-baik saja dan kariernya mulai melejit.

My Familiar Wife (2018)

Berkisah tentang Joo Hyuk (Ji Sung) yang sudah menikah dengan sang istri, Woo Jin (Han Ji Min) selama 5 tahun. Akan tetapi, kehidupan rumah tangga mereka tidak harmonis karena keduanya sibuk dengan pekerjaan masing-masing sehingga pekerjaan rumah tangga dan mengurus anak kerap terabaikan.

Di satu sisi, Joo Hyuk juga sudah merasa kesal dengan sikap sang istri yang semakin tempramental dan sering marah. Maka itu, ia pun berniat untuk menggugat cerai istrinya.
Sebelum gugatan cerai dilayangkan, tiba-tiba saja Joo Hyun kembali ke masa lalu. Ia kembali ke masa-masa saat dirinya masih lajang dan belum bertemu dengan istrinya.

Go Back Couple (2017)

Drama yang diadaptasi dari webtoon berjudul Do It One More Time ini mengisahkan pasangan suami istri berumur 30 tahun-an, Choi Ban-do (Son Ho-joon) dan Ma Jin-joo (Jang Na-ra), yang menyesal setelah menikah muda. Mereka berdua saling membenci dan memutuskan untuk bercerai.

Suatu hari, keduanya melakukan perjalanan waktu dan mendapati diri mereka berada pada masa saat keduanya masih berusia 20 tahun dan berstatus mahasiswa. Mereka pun kembali ke momen saat pertama kali mereka bertemu. Meski enggak mengetahui bagaimana hal tersebut terjadi, keduanya justru memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat pilihan jalan hidup lain dari sebelumnya. Namun, keputusan baru yang mereka buat justru berdampak bagi orang terdekat keduanya.

Cunning Single Lady (2014)

Drama ini mengisahkan tentang perceraian yang kisahnya diracik dengan sedikit komedi. Bercerita tentang Na Ae Ra (Lee Min Jung) yang memutuskan bercerai dengan suami, Cha Jung Woo (Joo Sang Wook) karena permasalahan ekonomi.

Setelah empat tahun berlalu dan keduanya menjalani kehidupan masing-masing, ternyata Jong Woo malah menjadi seorang pengusaha sukses. Mengetahui mantan suaminya sudah sukses kembali, Ae Ra pun memilih untuk mendekatinya lagi.

Emergency Couple (2014)

Drakor ini mengisahkan Oh Jin Hee (Song Ji Hyo) bertemu Oh Chang Min (Choi Jin Hyuk) di sekolah kedokteran, dan meskipun keluarga Chang Min sangat menentangnya, keduanya memutuskan untuk menikah. Setelah melalui banyak kesulitan dan pergumulan dalam pernikahan, mereka memutuskan untuk bercerai. Jin Hee kembali menjadi mahasiswa kedokteran dan magang di rumah sakit tempat dia bertemu dengan mantan suaminya.

Keduanya harus mencari cara untuk bekerja sama sambil mengesampingkan perbedaan dan emosi mereka. Bisa dibilang drama ini begitu menggemaskan, saat kamu melihat Chang Min yang kembali mabuk cinta terhadap Jin Hee dan memintanya untuk menerimanya kembali,

Cinta yang ditunjukkan Chang Min kepada Jin Hee, dan seberapa besar keinginannya untuk membuat hubungan mereka berhasil. Jarang sekali, bukan, kita melihat alur cerita di mana pasangan yang bercerai bertekad untuk saling mencintai lagi?

Meski sekadar romansa, drama Korea dengan isu perceraian di atas bisa menunjukkan kepada kalian berbagai permasalahan dalam pernikahan dan rumitnya kehidupan pernikahan. Menikah memang bukan perkara gampang, sebab ada komitmen yang harus dijaga dan ada hubungan yang harus dibina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*