10 Alasan Google Bisa Ditinggal Pengguna, Ini Penggantinya

REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to a screen projection of Google logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic

Google kemungkinan bisa ditinggal para pengguna setianya. Ini terjadi akibat kehadiran ChatGPT yang merupakan chatbot berbasis kecerdasan dari OpenAI.

Monopoli Google Search nampaknya bisa tergeser. Terlebih setelah Microsoft menggandeng ChatGPT untuk hadir dalam mesin pencariannya sendiri, Bing.

PC Mag mengungkap beberapa alasan lagi Google dapat digantikan oleh Microsoft, dikutip Jumat (31/3/2023):

1. Menjawab Pertanyaan AI
Menggandeng ChatGPT jadi langkah jenius Microsoft untuk menjegal Google. Microsoft menghadirkan fitur untuk semua pengguna, namun untuk awalnya perlu masuk daftar tunggu lebih dulu.

Sambil menunggu, pengguna bisa melihat AI mengetik jawaban yang sedang memikirkannya setelah membuka pemilih Obrolan untuk pencarian. Dengan cara ini bila sisi Obrolan akan terbuka untuk mulai mengetik jawaban.

2. Wallpaper baru

Bing akan memperlihatkan deretan gambar yang menginspirasi, indah, dan mendidik. Jika beruntung maka akan melihat video interaktif menggantikan foto.

Selain itu juga terkadang muncul video seperti air bergerak, lanskap, atau pemandangan langit. Adapula opsi mendengar suara terkait dengan gambar beranda.

Beranda juga menampilkan berita, informasi cuaca, dan harga saham. Selain juga link ke versi online pada Microsoft Office.

3. Halaman Hasil

Bing juga sempat mempelopori fitur untuk memperlihatkan jawaban dari perspektif berbeda. Misalnya saat mengetikkan ‘apakah hot yoga baik untuk Anda?’ maka Bing akan menunjukkan panel pro dan kontra untuk bahan pertimbangan pengguna.

4. Hadiah

Bing juga menghadirkan haidah berbentuk Microsoft Points. Ini bisa didapatkan dengan mencari, mengikuti kuis berita online hingga menggunakan browser Edge.

Poin dapat ditukar dengan hadiah seperti kartu hadiah Amazon, Starbucks, atau Xbox, undian untuk produk Surface dan Xbox. Bisa juga untuk berdonasi ke organisasi seperti Boys and Girls Club of America, Team Rubicon Disaster Response, atau Nature Conservancy.

5. Berita yang Bisa Dinavigasi

Google News unggul saat menampilkan berita tren terbaru. Namun Bing juga telah meningkatkan kemampuannya pada bagian tersebut.

Yakni dengan menyediakan navigasi topik yang jelas dan tepat waktu. Selain juga terkait tampilan topik yang sedang tren dan ditampilkan pada gambar utama serta ringkasan dengan link ke berbagai sumber.

6. Hasil Real Time

Bing akan menampilkan halaman hasil yang tertata dengan jelas dan menunjukkan semua informasi relevan saat ada sebuah event besar terjadi.

Ini akan berlaku juga pada saat pemilu, acara penghargaan seperti Oscar dan gelaran olahraga seperti Super Bowl dan March Madness.

7. Pencarian Video Lebih Unggul

Bing juga punya antarmuka hasil pencarian video yang berguna. Saat klik link video di bagian atas laman utama akan menampilkan eksplorasi konten yang tengah menjadi tren dan umpan hasil yang personalisasi, serta video yang disimpan. Namun video-video tersebut tetap berasal dari Youtube.

8. Peta

Fitur peta digital pada Bing juga disebut cukup lengkap. Seperti petunjuk arah, tampilan jalan, lalu lintas, dan pencarian bisnis lokal lengkap dengan peringkat dan foto Yelp. Sebagai informasi, Bing Maps menggunakan data dari aplikasi peta bernama Here Maps.

9. Offline Online

Microsoft juga menawarkan aplikasi produktivitas secara online, termasuk Word, Excel, dan Powerpoint. Selain itu adapula aplikasi pencatatan OneNote dan Sway, untuk pembuat presentasi web sederhana.

10. Perkiraan Cuaca

Keunggulan terakhir adalah terkait perkiraan cuaca, seperti suhu rata-rata dan curah hujan. Bing menampilkan grafik batang untuk informasi tersebut setiap bulannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*