10 Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW, Banyak Manfaat

Ilustrasi madu. (Dok: Pixbay)

 Nabi Muhammad SAW merupakan junjungan dan teladan Umat Islam. Banyak yang dapat dipelajari dan dipraktikkan dari Beliau, termasuk makanan yang biasa dikonsumsi.

Makanan tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia karena mengandung banyak gizi dan nutrisi. Berikut adalah makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW yang bisa Anda konsumsi menurut Life in Saudi.

1. Barley

Barley adalah makanan yang mirip dengan gandum, namun lebih sehat daripada itu. Menurut sabda Nabi Muhammad, barley penuh manfaat dan karenanya sangat penting untuk kesehatan manusia.
Ini juga membantu mengurangi demam saat dimasak dalam bentuk sup.

2. Kurma

Kurma tidak diragukan lagi menjadi makanan favorit Nabi Muhammad. Beliau senantiasa makan kurma secara teratur.

Kurma penuh nutrisi dan membuat tubuh kuat. Ini juga bermanfaat bagi ibu hamil karena memberikan nutrisi pada si kecil juga. Kurma memiliki gizi tinggi, kaya serat, Vitamin B-6 dan mineral yang sangat diperlukan dalam tubuh kita sehari-hari.

3. Buah ara
Buah ara dikenal sebagai salah satu buah langit. Ini tidak hanya membuat buah ara luar biasa enak tetapi juga bermanfaat. Buah ara dapat membantu mengatasi sembelit dan wasir.

4. Anggur
Anggur juga dikenal sebagai buah dari surga. Ini adalah salah satu buah paling manis yang dikenal.

Buah anggur memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti melancarkan peredaran darah, mencegah penyakit ginjal serta bagus untuk sistem pencernaan.

5. Madu
Madu, dalam bentuknya yang murni, memiliki manfaat kesehatan. Madu ampuh mengatasi diare serta bermanfaat bagi tubuh dan membantu menyembuhkan pilek dan batuk.

6. Susu
Makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW lainnya adalah susu. Susu sangat penting untuk memperkuat tulang dan gigi karena kaya akan kalsium.

Selain itu, susu juga dapat menyembuhkan penyakit lambung, memperbaharui penglihatan dan meningkatkan memori manusia. Nabi Muhammad SAW pun rutin mengonsumsi susu kambing dan unta.

7. Jamur

Nabi Muhammad mengatakan bahwa jamur itu bagus untuk mata. Ini juga dapat digunakan sebagai produk KB.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat membantu dalam berbagai cara. Nabi Muhammad bersabda bahwa minyak zaitun dalam menunda penuaan dan bermanfaat untuk rambut dan kulit.

9. Delima

Buah surgawi ini rasanya manis. Buahnya cenderung menyucikan jiwa dari kejahatan selama 40 hari. Buah delima disebutkan tiga kali dalam Al-Quran. Makanan kesukaan nabi ini kaya akan natrium, vitamin C, kalsium, dan fosfor.

Dalam beberapa penelitian menyebutkan jika kandungan buah delima menunjukkan potensi efektif dalam mencegah kanker prostat, payudara, paru-paru, sampai usus besar.

10. Melon

Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa wanita yang makan melon selama kehamilannya akan melahirkan anak yang berakhlak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*