Arah Dunia Berubah, Sri Mulyani Beberkan Nasib RI ke Depan!

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam Economic Outlook 2023 dengan tema

Situasi perekonomian dunia terkini ternyata tidak seburuk yang dibayangkan. Ini juga akan memberikan pengaruh terhadap Indonesia. Seperti apa pengaruhnya?

“Outlook-nya kalau terjadi softlanding dan terjadi perbaikan berarti Indonesia harus jaga resiliensi dari sisi pemulihan, tidak berarti bahwa kita tidak waspada, kita optimis dan waspada,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Hal ini disampaikan Sri Muyani dalam acara Economic Outlook 2023 dengan tema “Menjaga Momentum Ekonomi di Tengah Ketidakpastian” di Hotel St. Regis, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Situasi terkini tidak lepas dari beberapa persoalan utama. Antara lain pandemi covid-19 yang belum sepenuhnya selesai dan bahkan masih memburuk di beberapa negara.Selanjutnya perang Rusia dan Ukraina yang tidak tahu kapan berakhir, padahal sudah berlangsung selama 1 tahun.

“Geopolitik di dunia kita harus perhatikan bagaimana implikasi terhadap supply change yang berubah,” jelasnya.

Pada sisi lain, perubahan kebijakan moneter negara maju membuat pasar keuangan bergejolak.

“Namun seluruh perubahan ini sebetulnya kita bisa pastikan dan menciptakan kesempatan luar biasa, let’s say geopolitik AS, RRT, Indonesia itu among demokrasi,” papar Sri Mulyani.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*