Intip Saham Paling Cuan dan Boncos Sepekan, Ada yang Terbang 117%

Intip Saham Paling Cuan dan Boncos Sepekan, Ada yang Terbang 117%

Infografis, Deretan Saham Terboncos dan Tercuan Selama Sepekan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pekan ini. Pada perdagangan Jumat (26/1/2024), IHSG ditutup melemah 0,57% di posisi 7.137,09. Pelemahan pada hari terakhir perdagangan menjadikan IHSG secara mingguan ditutup terdepresiasi sebesar 1,25%. Di tengah koreksi IHSG pekan ini, terdapat beberapa saham yang mengalami penguatan namun beberapa saham lainnya anjlok.

Juara pekan ini ditempati oleh PT Fortune Indonesia Tbk (FORU) yang terbang 117,78% dalam https://sportifkas138.shop/ satu minggu terakhir dan posisi runner up dihuni oleh PT Maja Agung Latexindo Tbk (SURI) yang melonjak 78,57%.

Sementara itu, saham yang paling merana pekan ini yakni PT Citra Nusantara Gemilang (CGAS) yang turun sebesar 65,59%. Begitu pula dengan PT Humpuss Maritim Internasional (HUMI) yang terdepresiasi sebesar 28,4% selama sepekan.

Emiten FORU, SURI, dan HUMI termasuk dalam 3 dari 4 saham yang pergerakan sahamnya bergerak di luar kebiasaan (Unusual Market Activity), Mengutip keterbukaan informasi BEI, langkah tersebut dilakukan dalam rangka perlindungan investor di pasar modal, khususnya bagi pemegang saham emiten tersebut.

Mengutip keterbukaan informasi BEI, langkah tersebut dilakukan dalam rangka perlindungan investor di pasar modal, khususnya bagi pemegang saham emiten tersebut.

“Pengumuman Unusual Market Activity (UMA) tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal,” tulis manajemen BEI, Jumat (26/1/2024).

FORU meroket selama sebulan terakhir sebesar 79,9% dalam sepekan terakhir. Informasi terakhir mengenai FORU adalah informasi tanggal 8 Januari 2024 yang dipublikasikan melalui website BEI tentang laporan bulanan registrasi pemegang efek.

“Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham FORU tersebut, perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini, sebutnya.

Lalu, SURI yang sahamnya meroket 113,6% selama sebulan terakhir. Informasi terakhir mengenai Perusahaan Tercatat adalah informasi tanggal 15 Januari 2024 tentang laporan penggunaan dana hasil penawaran umum.

Terakhir, emiten Tommy Soeharto, HUMI yang sahamnya mengalami penurunan harga saham. Selama sebulan terakhir tercatat amblas 46,6%.

Informasi terakhir mengenai Perusahaan Tercatat adalah informasi tanggal 18 Januari 2024 tentang keterbukaan informasi pembelian kapal.

Sehubungan dengan terjadinya UMA para investor diharapkan untuk memperhatikan jawaban emiten atas permintaan konfirmasi Bursa, mencermati kinerja emiten dan keterbukaan informasinya, mengkaji kembali rencana corporate action emiten apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS, serta mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*