Panas Mendidih, di Provinsi Ini Suhu Terasa 41 Derajat

Informasi Indeks Ultraviolet Sinar Matahari (UV). (Instagram @infobmkg)

Beberapa waktu belakangan ini, sejumlah wilayah Kalimantan Barat mengalami peningkatan suhu yang cukup ekstrem.

Hal ini seiring dengan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan bahwa indeks sinar ultraviolet (UV) sinar matahari di beberapa wilayah Indonesia akan mencapai kategori risiko bahaya yang sangat tinggi hingga ekstrem.

Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, https://lahan-duit.site/ suhu di wilayah Kabupaten Sambas, Kabupaten Landak, dan Singkawang sempat mencapai 33 derajat Celcius (C). Bahkan, aplikasi Weather dari Apple mencatat bahwa suhu terasa seperti 41 derajat C.

Cuaca di Kabupaten Sambas pada pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB memang terasa sangat panas terik, yakni dengan suhu 33 derajat dan terasa seperti 41 derajat, Sabtu (22/4/2023). Demikian pula dengan Kabupaten Landak dan Singkawang.

Sementara itu per hari ini, Selasa (25/4/2023) pukul 11.10 WIB, aplikasi Weather telah mencatat bahwa Singkawang mencapai suhu 32 derajat dengan suhu terasa seperti 38 derajat.

Sebelumnya, BMKG memprediksi bahwa indeks UV sinar matahari tertinggi akan terjadi mulai pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB. Berdasarkan grafik, puncak indeks UV sinar matahari tertinggi terjadi pukul 11.00 WIB. Terlihat, Pulau Kalimantan menjadi wilayah dengan indeks UV sinar matahari tertinggi.

Berkaitan dengan hal tersebut, BMKG pun mengimbau masyarakat Indonesia untuk menggunakan tabir surya (sunscreen) dan mengurangi waktu terpapar matahari pada pukul 10.00 hingga 16.00.

“Oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap dua jam bahkan pada hari berawan, setelah berenang, atau berkeringat,” imbau BMKG melalui akun Instagram resminya (@infobmkg), dikutip Selasa (25/4/2023).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*