Peneliti Hitung Jumlah Semut di Bumi, Ini Hasilnya

Ilustrasi semut (Freepik)

Apakah kamu penasaran ada berapa jumlah semut di muka Bumi ini? Tim peneliti dari University of Western Australia, University of Hong Kong, Charles Darwin University, dan University of Wurzburg telah berhasil menghitungnya.

Dalam unggahan diĀ The Conversation, tim peneliti memperkirakan ada sekitar 20 kuadriliun semut atau 20 ribu triliun (20.000.000.000.000.000) yang ada di Bumi, dikutip Jumat (31/3/2023).

Perhitungan tersebut berasal dari analisis 489 studi populasi semut yang dilakukan seluruh ilmuwan dunia. Termasuk literatur non Inggris, seperti bahasa Spanyol, Perancis, Jerman, Rusia, Mandarin, dan Portugis.

Mereka memperkirakan ada lebih dari 15.700 spesies dan subspesies semut. Ini baik yang telah disebutkan namanya maupun belum.

“Dari semua ini kami memperkirakan ada sekitar 20 kuadriliun semut di Bumi. Angka tersebut, meski konservatif, antara dua hingga 20 kali dari perkiraan sebelumnya,” jelas tim peneliti.

“Tingkat organisasi sosial semut yang tinggi memungkinkan mereka menjajah hampir semua ekosistem dan wilayah di seluruh dunia,” tulis para peneliti.

Sebelumnya, perhitungan semut menggunakan pendekatan ‘top down’. Asumsinya adalah jumlah semut terdiri dari 1% perkiraan populasi serangga dunia.

Namun tim peneliti mengatakan perkiraan bottom-up lebih bisa diandalkan. Sebab mereka menggunakan data semut yang langsung dari lapangan dengan lebih sedikit asumsi.

Langkah menghitung berikutnya adalah berapa berat semua semut tersebut. Menurut mereka, massa organisme diukur berdasarkan susunan karbonnya.

“Kami memperkirakan 20 kuadriliun semut rata-rata setara dengan berat kering atau biomassa sekitar 12 juta ton karbon,” kata tim peneliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*