Umat Muslim Wajib Tahu, 9 Hal Ini Bisa Bikin Batal Puasa

Ilustrasi Buka Puasa (Photo by Luisa Brimble on Unsplash)

Umat muslim saat ini sedang menjalankan ibadah puasa bulan Ramadan.

Agar puasa tak batal, berikut beberapa hal yang bisa membuat puasa batal, merujuk pada kitab Fath al-Qarib:

1. Haid

Haid dan nifas yang dialami wanita jadi penghalang dan membatalkan puasa. Mereka yang haid wajib hukumnya melakukan qadha di luar waktu Puasa Ramadhan atau membayar fidyah sebagai pengganti puasanya.

2. Berjimak

Berjimak atau melakukan hubungan seksual secara sengaja juga bisa jadi salah satu penyebab puasa batal. Puasa orang tersebut juga tidak sah.

Untuk menggantinya, mereka harus berpuasa selama dua bulan berturut-turut. Jika tak mampu, maka diwajibkan dengan memberi makan 60 fakir miskin masing-masing tiga perempat liter beras.

3. Gila

Mereka yang dalam kondisi gila atau junun saat pertengahan puasa dianggap menjalankan puasa dengan tidak sah. Keadaan itu dianggap orang kehilangan akal jadi membuat hukum puasa yang dijalankan menjadi batal.

4. Murtad Saat Berpuasa

Murtad atau orang yang keluar dari ajaran Islam saat berpuasa juga jadi salah satu penyebab batalnya puasa. Selain membatalkan puasa, orang tersebut juga hendaknya mengucap syahadat dan melakukan qadha puasa.

5. Muntah Disengaja

Penyebab puasa batal juga karena sengaja muntah. Misalnya memasukkan sebuah benda dengan sengaja ke mulut yang memicu mual dan muntah.

6. Keluar Air Mani

Ada beberapa penyebab air mani keluar atau sperma, misalnya onani hingga bermesraan dengan orang lain meski tidak berhubungan badan. Jika dilakukan dengan sengaja maka akan membatalkan puasa. Namun saat mimpi basah karena kondisi tidak sadar puasa masih dianggap sah.

7. Memasukkan Obat ke Dubur dan Qubul

Jika seseorang menjalani pengobatan dengan memasukkan obat ke salah satu dari dua jalan qubul dan dubur maka akan membatalkan puasa. Misalnya penderita ambeien atau penyakit lain yang memungkinkan menggunakan kateter urine.

8. Melakukan Kegiatan Membatalkan Puasa

Puasa juga dianggap tidak sah jika melakukan adu domba, berbohong, berbicara kotor, riya, membuat sumpah palsu. Mereka yang melakukan kegiatan tersebut juga akan kehilangan pahala puasa.

9. Berbuka Puasa dengan Sesuatu yang Haram

Berbuka puasa dengan makanan atau minuman haram juga akan membatalkan puasa. Selain pahala puasa yang hilang, dampaknya juga akan membuat ibadah selanjutnya menjadi terasa berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*