Update Terbaru! Bos BI Ramal Ekonomi RI Tahun ini Tumbuh 5,1%

Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam Economic Outlook 2023 dengan tema

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo merevisi ke atas pertumbuhan ekonomi Indonesia dari semula 4,6% pada tahun ini, menjadi 5,1%. Hal ini diungkapkan Gubernur BI dalam Economic Outlook 2023, Selasa (28/2/2023).

Sebelumnya, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 akan mencapai 4,5%-5,3%. Revisi ini dimungkinkan karena adanya perbaikan dari ekonomi global, termasuk di negara-negara mitra dagang Indonesia, seperti India dan China

“Tentu saja yang kita lihat dari sisi terutama 4,6% bisa 5,1% dengan good news from India dan China,” kata Perry dalam dialog yang dibawakan oleh Founder dan Chairman CT Corp, Selasa (28/2/2023). Namun demikian, dia melihat Indonesia harus mewaspadai posisi ekspornya dengan China dan India.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menyampaikan bahwa ekonomi dunia pada tahun ini tidak seburuk perkiraan awal. Mantan pejabat Bank Dunia tersebut mengungkapkan tanda-tanda pemulihan telah terjadi di China, India, Eropa dan bahkan AS.

Dia pun meyakini bahwa AS tidak akan resesi. Kabar baik ini diperolehnya dari Menteri Keuangan AS Janet Yellen saat bertemu di 1st FMCBG G20 di India pekan lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*